Panduan Lengkap Menanam Bunga Tulip di Daerah Tropis

| |

Bunga tulip merupakan jenis bunga berasal dari asia tengah, serta tumbuh liar di daerah pegunungan pamir, pegunungan hindu Kush serta Stepa di Kazakhstan. Negara yang terkenal dengan dengan bunga tulipnya adalah Negri Belanda. Selain itu tulip merupakan bunga nasional Iran sertaTurki.

Awal mula tulip menjadi bunga nasional Turki adalah karena kerajaan Ottoman Turki terpikat dengan keindahan serta kesempurnaannya sehinnga memulai membudidayakan sejak tahun 1.000.

Cara Menanam Bunga Tulip

Tanaman ini tidak dapat hidup di alam terbuka pada wilayah tropis sebab membutuhkan suhu rendah saat musim dingin untuk dapat tumbuh. Akan tetapi bunga ini dapat berbunga lebih cepat dari normal apabila diletakkan di tempat dengan suhu yang diatur menjadi lebih tinggi.

Meski  tulip cukup sulit ditanam di daerah tropis seperti Indonesia namun berikut beberapa panduan menanam bunga tulip di daerah tropis :

Pengadaan benih

Tulip dapat ditanam dengan dua cara, memakai umbi atau biji. Tulip yang ditanam dari umbi perlu waktu setahun untuk menciptakan bunga  cukup besarnya, sedangkan tanaman yang ditanam dari biji perlu waktu antara 5-7 tahun supaya bisa berbunga.

Bunga yang sudah selesai mekar wajib dipotong untuk memperoleh umbi. Karena tanaman ini aslinya tumbuh di daratan empat musim yang mana mempunyai suhu dingin, maka perlu melakukan pengkondisian tertentu untuk panduan menanam bunga tulip di Indonesia yang notabenenya beriklim tropis.

Yang wajib dilakukan supaya umbinya mau tumbuh dengan baik adalah cold treatment. Ini adalah metode mendinginkan umbinya sebelum ditanam. Umbi bunga tulip yang langsung ditanam di tempat bersuhu panas maka tak mungkin tumbuh meski sudah disirami.

Perlakuan cold treatmen pada umbi ini ialah dengan menggunakan cara mendinginkan umbinya sebelumnya memakai freezer atau kulkas yang suhunya di atur. Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Cuci bersih umbi tulip, keringkan lalu bungkus dengan plastic
  • Masukkan kedalam freezer atau kulkas
  • Atur suhu pendinginnya atara 1,8 – 12 °c
  • Biarkan umbi tulip tetap di dalam pendingin selama 1,5 – 4 bulan
  • Jauhkan penyimpanan umbi dari buah-buahan lainnya
  • Check secara teratur untuk melakukan pembersihan umbi jika berjamur

Biasanya umbi akan muncul tunas setelah 1,5 bulan keatas (meski ini tidak selalu terjadi). Baik muncul tunas ataupun tidak, kalau sudah 2 bulan lebih umbi boleh dikeluarkan untuk ditanam.

Cara Budidaya Bunga Anggrek Agar Berbunga Indah

Menyiapkan lahan tanam

Tidak semua tanah di iklim tropis bisa ditanami bunga tulip, berikut adalah beberapa criteria tanahnya :

  • Lebih baik jika berada didataran tinggi / pegunungan dengan suhu teramat dingin.
  • Tanahnya gembur.
  • Dekat dengan sumber air
  • Jangan ditanam dekat pantai karena bila dekat pantai dapat terkena aerosol air asin.
  • Memiliki kandungan unsure hara cukup.
  • Mempunyai ph normal antara 5,5 – 7,5.

Apabila ingin menanam tulip namun tinggal di dataran rendah, tidak perlu risau. Sebab hal ini dapat disiasati dengan cara sebagai berikut :

  • Usahakan menanam tulip di tempat teduh, rindang, tenang dan minim hembusan angin.
  • Pasanglah air penyiram otomatis dengan setelan semprotan aerosol (kabut air) setiap 20 – 40 menit sekali. Ini berguna untuk membuat udara di sekitar menjadi lebih dingin.
  • Berilah air mancur atau kolam kecil mengalir di dekat lokasi tanam yang dapat menyerap suhu udara sehingga menambah kelembapan area sekitar.

Penggemburan tanah

Tanah yang akan ditanami bunga tulip memang wajiblah gembur dan cukup unsur hara. Maka dari itu jika tanah yang ditanami masih belum digemburkan maka dapat memakai cangkul atau mesin bajak untuk menggemburkan tanahnya sebelumnya.

Tanah  gembur akan mempermudah perakaran tanaman tulip nantinya.

Penanaman umbi tulip

Umbi bunga yang telah melalui cold treatment ini lalu ditanam pada lahan yang telah disiapkan. Langkah-langkah menanamnya ialah sebagai berikut :

  • Sebelum melanjutkan panduan menanam bunga tulip, buatlah lubang sebagai lahan tanam.
  • Berilah lapisan dasar lubang dengan pasir
  • Tanam umbi sedalam kira-kira 2 – 3 cm saja. Pemilik bisa membiarkan ujung atas umbi nampak dipermukaan tanah.
  • Umbi ini tak harus ditanam dalam-dalam seperti jika di tempat yang mengalami musim dingin.
  • Atur jarak tanam sesuai keinginan. Posisikan supaya membentuk pola baik sesuai kreatifitas masing-masing.
  • Sirami tanah di sekeliling umbi yang baru ditanam. Usahakan tidak menyiram langsung dari atas umbi supaya umbi tidak busuk.

Umbi bunga tulip ini tak mungkin langsung tumbuh sebagaimana jika ditanam di tanah empat musim. Umbi yang kurang lama memperoleh perlakuan cold treatment juga akan lama tumbuh.

Pemilik hanya perlu mamantau kebasahan tanah supaya jangan sampai becek atau kering. Setelah umbi tumbuh, maka bisa diberikan perawatan kemudian.

Proses pemupukan

Selanjutnya dalam panduan menanam bunga tulip adalah pemupukan. Pada dasarnya proses pemupukan pada tanaman ini jika tidak dilakukan juga tidak akan mengganggu pertumbuhannya.

Sebab di umbi tulip telah mengandung sumber makanan cukup untuk proses pembentukan daun serta perakarannya. Sebaiknya pemberian pupuk diberikan ketika tulip sudah besar atau siap berbunga.

Hal ini berguna supaya nutrisi tanaman tulip cukup untuk dapat berbunga pada tahun berikutnya.

Penyiraman

Jika umbi bunga tulip sudah tumbuh maka pemilik dapat melakukan penyiraman bersiklus. Bunga tulip ini dilarang terlalu sering disiram mengenali lokasinya sendiri sudah sejuk / dingin maka otomatis penguapan air juga tidak terburu-buru.

Akan tetapi apabila tulip terlalu sering disirami maka akarnya akan cepat busuk dan mati.

Apabila penanaman dilakukan pada musim hujan maka pemilik wajib membuat saluran drainase  bagus supaya nantinya air yang terserap di tanah cepat tuntas dan tidak menggenang. Untuk mengalirkan air di sekitar lahan maka sebaiknya buatlah parit agar air tidak berlebihan.

Penyejukan lokasi

Bagi yang melakukan panduan menanam bunga tulip di dataran tinggi maka lokasinya sudah mampu membuat sejuk setiap waktu.

Namun bagi yang menanam di dataran rendah Indonesia suhunya tentu tiak sedingin di pegunungan dan bahkan mampu membuat panas, maka perlu manambahkan perlakuan khusus berupa penyejukan lokasi penanaman tersebut.

Penanaman dilakukan di tempat sejuk dan rindang. Bisa juga membuat sebuah sistem penyiram otomatis akan menyemprotkan aerosol setiap 15 menit sekali.

Hal ini akan mendinginkan suhu udara sekitar. Pemilik bisa juga membuat air mancur di dekat tanaman bunga tersebut sehingga suhu udara sekitar tanaman bunga juga menjadi lebih dingin dan tidak kering.

Cara Menanam Bunga Krokot di Pot Gantung

Penyiangan

Lahan  yang ditanami tulip perlu untuk disiangi secara bersiklus. Lakukan penyiangan setiap sebulan sekali  untuk menghindarkan tumbuhnya gulma terlalu lebat yang bisa mengambil nutrisi tanah dan menghalangi masuknya cahaya matahari ke dasar tanah.

 Perawatan masa bunga

Jika tanaman sudah tumbuh tinggi maka sebentar lagi akan mengeluarkan bunga yakni sekitar 8 minggu setelah tumbuh. Untuk mengeluarkan bunganya maka wajib berupaya menjaga suhu udara sekitar supaya tetap sejuk dan dingin. Ada beberapa langkah supaya tanaman dapat mengeluarkan bunga dengan maksimal :

  • Pastikan untuk membuat lingkungan di sekitar bunga ditanam selalu sejuk sesuai panduan menanam bunga tulip di atas.
  • Berikan semprotan ZPT auxin yang berguna untuk merangsang tumbuhnya bunga.
  • Penyemprotan tersebut dilakukan pada pagi hari supaya segera terserap tanaman dengan memperhatikan dosis yang tertera di label.

Jika bunga sudah muncul maka usahakan supaya selalu rutin memberi semprotan air ke arah bunga supaya bunga masih terlihat  segar.

Pemanenan bunga

Tanaman bunga tulip akan mulai berbunga pada usia 8 minggu setelah ditanam. Bagi yang menanam bunga tulip dengan maksud hendak dijual, maka ketika bunga merekah segeralah untuk memotongnya. Bunga yang dipotong tadi maka wajib segera diawetkan.

Previous

Cara Menanam Labu Siam di Halaman Agar Berbuah Lebat

Cara Budidaya Mengkudu Supaya Berbuah Lebat

Next

Leave a Comment